LOOKUP merupakan sebuah formulas di
excel yang digunakan untuk mengisi data pada tabel berdasarkan data pada tabel
lainnya atau berdasarkan tabel referensi tertentu dengan menggunakan sebuah
nilai kunci yang spesifik.
Fungsi LOOKUP ini akan menghasilkan
sebuah nilai yang berasal dari satu baris, satu kolom, sebuah range maupun dari
sebuah array.
Ada dua jenis LOOKUP yang ada di
formulas excel, yaitu LOOKUP dalam bentuk Vektor dan LOOKUP dalam bentuk Aray
Vektor merupakan sebuah range excel
yang hanya terdiri dari satu baris atau satu kolom. Bentuk vektor LOOKUP
mencari nilai dalam range satu baris atau satu kolom yang disebut vektor dan
mengembalikan nilai dari posisi yang sama dalam rentang satu baris atau satu
kolom yang kedua.
Barikut adalah Formulas untuk LOOKUP
dalam bentuk Vektor:
Keterangan:
Lookup_value : Merupakan nilai yang
dicari LOOKUP pada vektor pertama. Lookup_value bisa berupa angka, teks, nilai
logika, nama range atau referensi yang merujuk ke sebuah nilai.
Lookup_vector : Sebuah Range yang hanya
berisi satu baris atau satu kolom. Nilai-nilai di dalam lookup_vector dapat
berupa teks, angka, atau nilai logika.
Nilai-nilai dalam Lookup_vector harus
ditempatkan dalam urutan naik (..., -2, -1, 0, 1, 2, ..., A-Z, FALSE, TRUE).
Jika tidak, LOOKUP mungkin tidak mengembalikan nilai yang tepat. Teks huruf
besar dan huruf kecil sama saja.
Result_vector : (Opsional) Sebuah Range
lain yang berisi satu baris atau satu kolom. Ukurannya harus sama dengan
Lookup_vector.
Agar lebih jelas, berikut adalah contoh
penerapannya:
Keterangan untuk masing-masing rumus
Rumus diatas berfungsi untuk mencari nilai dari cell A9 (BR001.04)
pada range vektor berbentuk 1 kolom yaitu A2:A5 kemudian menghasilkan nilai
yang sejajar pada range vektor F2:F5. Hasilnya adalah nilai 120000
Rumus diatas berfungsi untuk mencari nilai dari cell A14 (2) pada
range vektor berbentuk 1 baris A2:F2 dan mengembalikan nilai yang sejajar pada
range vektor A6:E6. Hasilnya adalah nilai "Snelhecter".
Pada rumus diatas argumen Result_vector sengaja dikosongka/tidak
diisi sehingga fungsi Lookup akan menghasilkan nilai pencarian itu sendiri yang
terdapat di range vektor A3:A6 sehingga menghasilkan "BR001.02".
Selanjutnya adalah LOOKUP dalam bentuk Array
LOOKUP dalam bentuk Array berfungsi untuk mencari nilai tertentu
di baris atau kolom pertama sebuah array dan mengembalikan nilai dari posisi
yang sama di baris atau kolom terakhir dari array tersebut.
Rumus ini biasa digunakan pada saat mencari nilai dari daftar
nilai yang ukurannya kecil atau ketika nilainya tetap setelah sekian lama.
Berikut adalah Formulas untuk LOOKUP dalam bentuk Array:
Keterangan :
Lookup_Value : Nilai yang dicari oleh LOOKUP dalam sebuah array.
Argumen Lookup_value bisa berupa angka, teks, nilai logika, nama range atau
referensi yang merujuk ke sebuah nilai.
Array : Sebuah rentang sel yang berisi teks, angka, atau nilai
logika yang ingin dibandingkan dengan lookup_value.
Agar lebih jelas berikut adalah contoh penerapannya:
Contoh penerapan dengan tambahan tabel referensi
Untuk aturan penggunakan fungsi LOOKUP dalam bentuk Array dalam
rumus excel sama seperti fungsi LOOKUP dalam bentuk Vektor.
Jika Rumus LOOKUP tidak dapat menemukan Lookup_value, fungsi
LOOKUP menggunakan nilai terbesar dalam array yang lebih kecil dari atau sama
dengan Lookup_value.
Jika nilai Lookup_value lebih kecil daripada nilai paling kecil
dalam baris atau kolom pertama (tergantung dari dimensi array), maka LOOKUP
mengembalikan nilai kesalahan #N/A.
Sebenarnya array sangat mirip dengan fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP.
Perbedaannya yaitu HLOOKUP mencari nilai Lookup_value dalam baris pertama,
VLOOKUP mencari dalam kolom pertama, dan LOOKUP mencari sesuai dengan dimensi
array.
Jika array mencakup area yang lebih banyak kolom daripada
barisnya, maka LOOKUP mencari nilai lookup_value dalam baris pertama. Jika
array persegi atau lebih tinggi daripada lebarnya (lebih banyak baris daripada
kolom, maka LOOKUP mencari di kolom pertama.
Untuk penggunaan fungsi ini yang harus diperhatikan adalah bahwa
Nilai-nilai dalam array harus disusun dalam urutan naik (dari kecil ke besar)
kalau tidak, maka LOOKUP mungkin tidak menghasilkan nilai yang benar. Teks
huruf besar dan huruf kecil dianggap sama saja.
Post a Comment
Post a Comment